Saturday, February 27, 2010

Ksatria | Jam 11:20 PM

Mungkin bagi segelintir orang, belajar bahasa inggris itu sulit. Mereka beranggapan bahwa matematika lebih mudah daripada bahasa inggris, karena menurut mereka sebingung-bingungnya mereka mengerjakan soal matematika mereka masih bisa mangarang dan masih bisa mengutak-atiknya dengan memasukkannya ke dalam rumus,dan ini memerlukan ketelitian dan kesabaran. Lain halnya dengan saat mereka tengah kebingungan dalam mengerjakan soal bahasa inggris, mereka cenderung akan menyontek punya teman, menurut mereka bahasa inggris tidak bisa diutak-atik dan tidak dapat diterapkan rumus atau logika. 


Pandangan yang demikian inilah yang salah kaprah, belajar bahasa inggris bukanlah suatu hal yang sulit, dengan catatan kita harus bisa "all out" dalam mempelajarinya, artinya, kita harus bersungguh-sungguh dalam belajar dan benar-benar berkeinginan untuk bisa. Pertama, yang harus kita lakukan adalah senang dulu dengan pelajarannya, jika kita sudah tidak suka dengan pelajarannya, bagaimana mungkin ilmu akan mudah masuk. kedua, harus bisa mengikuti alur guru atau dosen dalam menerangkan materi,  usahakan selalu hadir dan selalu menanyakan materi-materi yang memang belum dipahami. Alangkah baiknya jika membentuk suatu kelompok belajar untuk lebih memperluas pengetahuan, di samping itu dalam kelompok tersebut bisa dibicarakan materi-materi yang memang perlu untuk dibahas serta bisa dijadikan sarana untuk sharing tentang apapun yang bisa menambah pengetahuan. khususnya dalam bidang bahasa.
Menurut saya, belajar suatu ilmu itu pasti suatu saat akan menemui  kesulitan. tingal bagaimana cara kita menanggapinya, jika kita merupakan orang yang tidak mudah menyerah, kita akan berusaha untuk mencari jawaban atas kesulitan-kesulitan yang kita hadapi tersebut. lain halnya dengan orang yang mudah menyerah, mereka cenderung akan mengeluh jika menemukan kesulitan sekecil apapun. seolah-olah tidak ada usaha yang mereka lakukan untuik memecahkan kesulitan mereka sendiri.
Kita dihadapkan kepada suatu era dimana kita dituntut untuk menjadi pribadi-pribadi yang mampu menguasai berbagai cabang ilmu, meskipun kita diharuskan untuk menekuni suatu cabang ilmu, namun tidak membatasi kita untuk bisa mempelajari cabang-cabang ilmu yang lain sebagai penunjang dan pelengkap ilmu kita. 

(Meskipun saya sendiri juga masih butuh banyak belajar, namun apa salahnya kan untuk sedikit berbagi, untuk itu marilah kita bersama-sama belajar, dan saling mengingatkan.)

Post a Comment

Followers